Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peri Kombong: Tenaga Pendidik untuk ABK Harus Disiapkan

 TANJUNG REDEB – Ketua Komisi I DPRD Berau, Peri Kombong mengharapkan Pemerintah Kabupaten Berau menyiapkan Tenaga pendidik yang profesional dan terlatih untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Dia mengungkapkan, kesiapan tenaga pendidikan untuk ABK sangat penting, terlebih saat ini jumlahnya terbilang kurang. Selain itu juga sebagai wujud nyata menciptakan pendidikan yang setara di Bumi Batiwakkal.

“Namun, mewujudkan mimpi ini memerlukan langkah nyata dari pemangku kebijakan. Pemerintah daerah perlu merumuskan strategi dan mengalokasikan anggaran yang memadai,” ungkapnya.

Dia menilai, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Berau cukup besar sehingga bisa menambah tenaga pendidik untuk ABK.  “Tentunya pendanaan harus tepat, terencana dan tepat sasaran. Apalagi perekrutan dan pelatihan dapat dilakukan,” ujarnya.

“Dana Bosda (Bantuan Operasional Sekolah Daerah) dan sumber dana lain bisa dioptimalkan untuk mencapai tujuan ini. Sehingga perlu juga penganggaran yang bijak dan tepat sasar,” tegasnya.

Ditambahkannya, pendidikan inklusi bagi anak-anak ABK tidak hanya berjalan dengan baik melalui pembangunan infrastruktur. Kesiapan tenaga pendidik juga merupakan investasi yang perlu dipikirkan untuk masa depan Berau.

“Dengan kolaborasi dan komitmen bersama, pendidikan berkualitas yang inklusif dan ramah bagi semua anak dapat diwujudkan,” tandasnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER