Sabtu, Februari 24, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemprov Gelar Diskusi Publik Rencana Aksi Daerah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

BALIKPAPAN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) mengadakan Diskusi Publik II Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) Tahun 2024-2029 di Ballroom Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Kamis (30/11/2023). Kegiatan ini merupakan bagian dari proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah yang berorientasi pada pencapaian tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan.

Diskusi publik ini diikuti berbagai pemangku kepentingan, baik dari pemerintah, legislatif, akademisi, swasta, maupun masyarakat sipil. Dari legislatif hadir Anggota DPRD Kaltim Mimi Meriami Br Pane, mewakili Ketua DPRD Kaltim. Sedangkan dari Pemprov hadir Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setprov Kaltim Ujang Rachmad, serta Tenaga Ahli Penyusunan RAD SDGS Rahmina dan Reski Udayanti.

Tujuan dari diskusi publik ini untuk mendapatkan masukan dan saran yang konstruktif dari para peserta terkait RAD TPB/SDGs 2024-2029. Dokumen ini akan mencakup 17 tujuan, 169 target, dan 241 indikator yang disesuaikan dengan kondisi dan prioritas daerah. Dokumen ini juga diharapkan dapat menjadi acuan bagi semua pihak dalam melaksanakan dan memantau pembangunan berkelanjutan di Kaltim.

Mimi Meriami Br Pane menyatakan, dukungan dan apresiasi atas penyelenggaraan diskusi publik ini. Ia menilai RAD TPB/SDGs 2024-2029 merupakan langkah strategis untuk mewujudkan visi dan misi Kaltim sebagai provinsi yang maju, mandiri, dan berdaya saing. “Harapan kami dokumen ini dapat disusun dengan partisipatif, transparan, dan akuntabel,” jelasnya

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setprov Kaltim, Ujang Rachmad menjelaskan RAD TPB/SDGs 2024-2029 akan menjadi dokumen perencanaan pembangunan daerah yang terintegrasi dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2024-2029.

‚ÄúDokumen ini akan menggambarkan arah, strategi, program, dan kegiatan pembangunan daerah yang berbasis pada prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan, yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan,” paparnya.

Diskusi publik ini berlangsung secara interaktif dengan adanya sesi tanya jawab dan diskusi kelompok. Para peserta diskusi memberikan berbagai masukan dan saran yang berkaitan dengan RAD TPB/SDGs 2024-2029, seperti mengenai data dan sumber data, indikator dan target, strategi dan program, serta mekanisme koordinasi dan monitoring. Masukan dan saran ini akan menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan dokumen RAD TPB/SDGs 2024-2029. (adv/dprdkaltim)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER