Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

OPD Diminta Proaktif Cari Sumber Pendapatan Baru untuk Tingkatkan PAD

BONTANG – Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang, Rustam, mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang untuk terus meningkat Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal itu dia sampaikan saat rapat bersama jajaran Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bontang, Senin (8/7/2024).

Ia mengatakan Pemkot sudah sangat proaktif dalam pelaporan kegiatan anggaran semester pertama, mulai Januari hingga Juni 2024. Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan 31 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bertanggung jawab atas optimalisasi PAD.

“Penting bagi tiap OPD untuk lebih proaktif dalam mencari sumber-sumber pendapatan baru untuk meningkatkan PAD,” jelasnya. Kontribusi tiap OPD tambahnya, diharapkan dapat dioptimalkan agar berdampak signifikan terhadap peningkatan ekonomi daerah secara keseluruhan.

Rustam mengatakan target PAD Bontang tahun ini yaitu Rp 245 miliar. Ia mengharapkan realisasi bisa melebihi target, mencapai Rp 300 miliar. Berdasarkan pernyataan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), PAD Bontang masih tergolong kecil jika dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Kalimantan Timur.

Hal ini menjadi dorongan bagi Bapenda untuk lebih proaktif membantu OPD lain untuk memaksimalkan kinerja, sehingga pergerakan ekonomi bisa meningkat dan memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat. “Komitmen ini menjadi prioritas utama. Kerja sama yang baik antara Bapenda dan OPD terkait harus dijalankan,” tambahnya.

Untuk mencapai target tersebut, ia menyarankan beberapa strategi yang bisa diterapkan. Salah satunya lebih memaksimalkan potensi sektor-sektor ekonomi seperti hotel, rumah makan, dan sektor jasa lainnya. “Mohon Bapenda kalau ada yang hotel atau rumah makan yang bandel tidak mau bayar, dilaporkan saja,” tutupnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER