Kamis, Juni 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kejar Realisasi “Kukar Siap Kerja”, Disnakertrans Siapkan Pelatihan Mekanik

TENGGARONG – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutai Kartanegara (Kukar) terus mendorong realisasi program Kukar Siap Kerja. Program ini menargetkan penyediaan pelatihan kerja bagi 6 ribu orang, sesuai dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026.

Namun pemenuhan target itu tentu tidak hanya akan direalisasikan oleh Disnakertrans Kukar, melainkan juga oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain. Hal ini disampaikan Plt Kepala Disnakertrans Kukar, Muhammad Hatta, Kamis (30/3/2023).

“Kita sama-sama merealisasikan program Kukar Siap Kerja ini, jadi tidak hanya Disnakertrans. Kalau dari kami sendiri, setelah Lebaran ini akan melakukan pelatihan mekanik alat berat di Balikpapan, kita bekerjasama dengan PT ERM (Edukasi Reksa Manajemen). Karena di sana begitu selesai dilatih langsung kerja,” terang Hatta.

Rencananya pelatihan ini akan dilakukan dalam 3 angkatan. Masing-masing angkatan terdiri dari 20 peserta. Untuk peserta, Hatta mengatakan pihaknya mengambil 30 persen peserta dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sedangkan sisanya dari pendaftar umum yang tersebar di 20 kecamatan.

“Pesertanya sudah ada, kita tinggal lakukan seleksi administrasi, karena ada beberapa persyaratan yang ditetapkan pihak perusahaan,” tambahnya.

Ia mengatakan dengan adanya kegiatan ini, minimal dapat menekan angka pengangguran di Kukar. “Itu yang utama, supaya anak muda kita bisa bersaing saat Ibu Kota Negara (IKN) sudah terealisasi. Makanya kita siapkan sertifikasi untuk anak-anak muda di Kukar,” pungkasnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER