Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Distanak Kukar Sebut Pasokan Hewan Kurban Lebihi Kebutuhan

TENGGARONG – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Kartanegara (Kukar) memastikan jumlah hewan kurban untuk kebutuhan Iduladha 1445 Hijriah melimpah. Masyarakat diharapkan tidak khawatir kehabisan atau tidak kebagian menunaikan ibadah kurban.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Keswan Distanak Kukar, Aji Gazali Rahman mengatakan, data yang dihimpunnya ada sebanyak 4.377 ekor sapi kurban. Selanjutnya ada sebanyak 930 ekor kambing, 30 ekor domba, dan 8 ekor kerbau. “Ini jumlah ketersediaan hewan kurban di Kukar tahun ini,” ungkap Aji Gazali.

Jumlah ini katanya, melebihi ekspektasi Distanak Kukar. Karena melebihi dari jumlah kebutuhan hewan kurban jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ia mengatakan beberapa kemungkinan, diantaranya banyak pengurus masjid yang berkurban, kurban mandiri dari masyarakat hingga dari perusahaan-perusahaan swasta.

Ditambah kasus wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang merebak dua tahun belakangan, berhasil diredam dengan baik oleh Distanak Kukar. Baik itu seleksi ketat masuknya sapi ke Kukar, hingga proses vaksinasi PMK yang dilakukan secara masif oleh Distanak Kukar.

Selain itu, Distanak Kukar akan melakukan pendampingan dan turun ke lapangan saat proses pemotongan hewan kurban. Untuk melakukan pemeriksaan Post Mortem. Yakni pengecekan pada bagian hati, paru-paru dan bagian jeroan lainnya. Nantinya, Distanak akan dibantu 8 dokter hewan yang bertugas di Kukar.

“Sejauh ini tidak ditemukan tidak layak kurban, jika ditemukan ada luka langsung diobati,” tutup Aji Gazali. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER