Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Diskominfo Gelar Sosialisasi Security Awareness bagi Seluruh Perangkat Daerah

BONTANG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bontang melaksanakan Sosialisasi Security Awareness bertemakan Peran Penting Kesadaran Keamanan Informasi di Lingkungan Pemerintah Kota Bontang, Rabu (2/11/2022) di Gedung Auditorium Taman 3 Dimensi Kota Bontang. Sebagai narasumber dihadirkan Jehan Bilhaq, SST, MAP dari Direktorat Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah, Deputi III, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Plt. Kepala Diskominfo Kota Bontang yang diwakili Kepala Bidang Statistik dan Persandian Ilham Wahyudi, SSi dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini diadakan agar seluruh Perangkat Daerah memiliki pemahaman yang lebih tentang keamanan informasi. Serta berharap agar seluruh ASN di lingkungan Pemkot Bontang memiliki pemahaman dan kesadaran untuk dapat bersama-sama bertanggung jawab melindungi keamanan data dan informasi yang dikelola pada semua Layanan Pemerintahan berbasis Elektronik.

Sementara Jehan Bilhaq dalam paparannya, menyampaikan banyak hal terkait jenis-jenis serangan siber yang sering terjadi beserta cara penanggulannya. Dia juga menyampaikan implementasi persandian untuk keamanan informasi di pemerintah daerah menjadi penting dilakukan berdasarkan Peraturan BSSN Nomor 10 tahun 2019 tentang Pelaksanaan Persandian untuk Keamanan Informasi di Pemerintah Daerah.

Selanjutnya, disampaikan pula bahwa BSSN telah menerbitkan Peraturan BSSN Nomor 4 tahun 2021 tentang Pedoman Manajemen Keamanan Informasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Standar Teknis dan Prosedur Keamanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, dimana peraturan tersebut dapat dijadikan acuan bagi Pemerintah Daerah dalam membangun suatu Sistem Elektronik yang andal dan aman sesuai dengan kaidah Keamananan Informasi.

Sosialisasi tersebut dihadiri perwakilan dari seluruh Perangkat Daerah. Pada sesi tanya jawab, beberapa Perangkat Daerah mengaku akan selalu mendukung langkah Diskominfo dalam menciptakan keamanan informasi yang lebih baik. Mulai dari pembentukan Computer Security Insident Response Team (CSIRT) Kota Bontang hingga tips dan trik penggunaan password yang aman sesuai aturan. (diskominfo bontang)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER