Kamis, Juni 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bimtek e-Arsip Terintegrasi Dihadiri 1.700 Peserta dari 22 Provinsi

TENGGARONG – Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi tuan rumah pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) e-Arsip Terintegrasi di Gedung Putri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) ini berlangsung dua hari, yakni 30-31 Mei 2024.

Kegiatan diikuti sebanyak 1.700 peserta. Mereka berasal dari 22 provinsi, yakni sebanyak 259 kabupaten dan kota dari wilayah tengah dan timur Indonesia, dibawah Direktorat Binaan Wilayah Kearsipan Daerah (KD) 1.

“Kami berharap kegiatan ini bisa berlangsung sukses sampai hari penutupan besok. Semoga para peserta dapat menyerap dan menerapkan di daerah masing-masing,” ujar Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kukar, Aji Lina Rodiah.

Aji Lina Rodiah menjelaskan, bimtek yang menghadirkan Direktur KD 1 ANRI, Rudi Anton, ini membahas implementasi aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi), yang mengalami peralihan, yakni dari Srikandi versi II menuju Srikandi versi III.

Diharapkan dengan pembaharuan ini, bisa semakin meningkatkan penggunaan Srikandi. Karena pada perjalanannya, semua surat menyurat dan administrasi di kabupaten dan kota bisa terlaksana dengan baik.

Khusus untuk Kukar, ia berharap dengan pembaharuan versi ini mampu meningkatkan penilaian pengelolaan arsip. Terbukti Kukar baru saja mendapatkan penghargaan dari ANRI, sebagai kabupaten dengan kinerja baik di Kalimantan Timur (Kaltim) dalam hal pengelolaan arsip. Dengan penilaian Sangat Baik atau BB.

“Makanya kita baru kemarin mendapatkan penghargaan dari arsip nasional (ANRI) untuk pengelolaan di provinsi, masih Kukar yang diatas dan sangat baik,” tutup Aji Lina Rodiah. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER