Jumat, Oktober 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Festival Sebulu Digelar Dua Pekan, Dimeriahkan Bagindas

TENGGARONG – Sebulu Festival 2023 resmi digelar. Hajatan yang memperingati hari jadi ke-58 Kecamatan Sebulu ini diselenggarakan selama dua pekan, mulai Sabtu (6/5/2023) hingga Jumat (19/5/2023). Kegiatan digelar di 4 desa, yaitu Desa Sebulu Ulu, Sebulu Ilir, Sebulu Modern dan Manunggal Daya.

Kemeriahan Festival Sebulu 2023 ditandai dengan malam pembukaan pada 6 Mei 2023 dengan menampilkan sejumlah musisi lokal. Dilanjutkan dengan penampilan grup musik ternama Bagindas di Lapangan Sutardi BA, Desa Sebulu Ilir. Pertunjukan musik ini memanjakan ribuan penonton.

“Luar biasa, artinya antusias masyarakat datang ke sini. Memang tahun lalu sempat kami janjikan bersama Bapak Bupati, bahwa Sebulu Festival tahun 2023 akan lebih meriah,” ujar Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin.

Tak cukup mendatangkan artis ibu kota saja, selama dua pekan akan ada berbagai kegiatan. Mulai dari bazar dan pameran UMKM lokal Sebulu, pertandingan berbagai Olahraga Tradisional (Oltrad), olahraga bersama, turnamen olahraga, penyebaran benih ikan. Juga ada doa bersama dan syukuran, dan beseprah bersama masyarakat Sebulu. Tidak ketinggalan event trail motor Blusukan Alam Sebulu (BUAS).

Tidak sekadar hura-hura. Kegiatan ini diharapkan juga menimbulkan multiplier effect pada pertumbuhan ekonomi masyarakat. Terutama setelah dihantam pandemi Covid-19, menyebabkan inflasi yang cukup tinggi di Kukar.

Rendi mengharapkan dengan adanya event besar yang diselenggarakan di Kecamatan Sebulu, bisa berdampak pada perputaran uang di Sebulu. Ketika banyak masyarakat yang datang, tentu akan berbelanja di bazar UMKM di Festival Sebulu.

Terlebih saat ini, berdasarkan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk konsentrasi dalam menumbuhkan UMKM. Inilah menjadi salah satu peluang yang coba dihadirkan oleh Pemkab Kukar, dalam meningkatkan UMKM Kukar.

“UMKM ini kan butuh tempat naungan  untuk mempromosikan produknya, dan ini salah satu tempat untuk mempromosikan,” lanjut Rendi.

Untuk itu, target kedepannya, Rendi mengatakan akan mengagendakan event serupa di beberapa kecamatan lainnya. Dimana menugasi Dispar Kukar bersama Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) Kukar dan Kekraf masing-masing kecamatan.

“Yang jelas sudah dipetakan dengan baik wilayah yang memang banyak pelaku seni budayanya, banyak musisi butuh panggung sebenarnya untuk berekspresi seperti itu,” tutup Rendi. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER