Kamis, September 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Desa Semayang Bangun Penginapan Tepi Danau

TENGGARONG – Menunjang sektor pariwisata, Desa Semayang membangun penginapan atau home stay di tepi danau. Penginapan dibangun dari bantuan anggaran dari Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Timur (Kaltim) yang dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Semayang.

Seperti diketahui, desa di Kecamatan Kenohan ini memiliki wisata alam unggulan berupa Danau Semayang. Danau ini salah satu bagian dalam Festival 3 Danau yang tiap tahun digelar Dispar Kaltim untuk meningkatkan kunjungan wisata. Dua danau lainnya yaitu Danau Melintang dan Danau Jempang.

Bangunan penginapan bagi pelancong yang sedang dibangun ada 6 unit. Penginapan ini untuk memfasilitasi wisatawan dari luar Desa Semayang yang ingin berwisata di desa tersebut. Kebanyakan wisatawan yang datang merupakan pemancing, yang biasanya menghabiskan waktu pada akhir pekan.

“Ini sebenarnya memang didorong oleh Dispar Provinsi sebagai bagian dari pengembangan (festival) 3 danau,” ujar Kepala Desa Semayang, Isra.

Ketika seluruh penginapan selesai dibangun, pihak desa akan menyelenggarakan beberapa event dan perlombaan untuk menarik wisatawan lokal maupun luar daerah. Sembari memperkenalkan dan menunjukkan potensi wisata di desa tersebut.

“Ini sudah saya canangkan pada tahun 2024 kita musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan) di home stay itu nanti,” lanjutnya.

Selain membangun penginapan, Desa Semayang kini juga mempersiapkan beberapa perencanaan infrastruktur lainnya. Seperti perahu dan kapal wisata. Untuk tahun ini dipastikan wisata banana boat dan kapal wisata akan disiapkan.

“Tinggal sisanya lagi kita coba kembangkan. Tahun depan juga ada bantuan perahu wisata dari provinsi,” tutup Isra. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER