Kamis, September 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jumlah Aktivasi IKD Kukar Tertinggi di Kaltim

TENGGARONG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara (Kukar) terus mendorong aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi masyarakat Kukar. Layanan ini tidak hanya tersedia di Disdukcapil, tapi juga terdapat di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kukar, di masing-masing kecamatan.

Bahkan Disdukcapil Kukar melakukan aksi jemput bola, dengan membuka layanan aktifasi IKD pada event-event kegiatan yang mengundang kehadiran masyarakat. Hasilnya, kini sudah lebih 8 ribu masyarakat Kukar mengaktifkan IKD.

Kepala Disdukcapil, Muhammad Iryanto, mengatakan angka ini merupakan yang paling tinggi di Kalimantan Timur (Kaltim). “Kita ingin cepat merealisasikan penerapannya di tengah-tengah masyarakat. Makanya kita lakukan jemput bola ke masyarakat, karena ini menentukan potret kemajuan digitalisasi di Kukar,” sebut Iryanto, Rabu (12/4/2023).

Iryanto menambahkan, dorongan yang dilakukan Disdukcapil Kukar pada proses aktivasi IKD, juga sebagai solusi dari keterbatasan blanko KTP secara fisik. Sebab pengganti elemen data pada KTP bisa dilakukan tanpa mengganti isi KTP.

Selain itu, terdapat berbagai keuntungan bagi masyarakat yang telah mengaktifkan IKD. Karena terdapat beberapa fitur data yang terintegrasi, seperti kartu keluarga,  layanan BPJS hingga kartu pemilih pemilu.

Penggunanya tidak perlu khawatir, jika lupa membawa identitas diri atau data lainnya, karena aplikasi ini dapat diunduh dengan mudah. Bahkan jika masih dibutuhkan pengumpulan berkas secara fisik, kita dapat mengunduh atau cukup hanya dengan di-scan untuk berbagi data KTP.

“Nah jadi selama punya smartphone, masyarakat bisa mengaktifkan dan menggunakan IKD. Cuman kan kendala kita selama ini adalah, proses aktivasinya yang sangat bergantung pada jaringan. Kadang ada beberapa kejadian kita sudah berkoordinasi, untuk melakukan aktivasi di masyarakat tiba-tiba jaringan terganggu. Kadang itu yang menghambat kita,” tambahnya.

Dengan berbagai kemudahan dan fasilitas yang terdapat dari IKD, ia menghimbau kepada masyarakat agar segera melakukan aktivasi IKD. Bagi yang ingin melakukan aktivasi bisa datang ke Disdukcapil, MPP Kukar, dan di kantor kecamatan.

“Karena ada sistem layanan yang terintegrasi, jadi tinggal ngomong sama petugasnya. Nanti akan dilayani dan layanan aktivasi ini dibuka selama jam kerja,” pungkasnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER