Jumat, Oktober 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tahun Depan Waduk Sungai Merdeka Samboja Direvitalisasi

TENGGARONG – Waduk Sungai Merdeka di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara merupakan aset penting untuk mengendalikan banjir dan sebagai sumber air baku, baik untuk kebutuhan air bersih yang dimanfaatkan PDAM maupun untuk pengairan lahan pertanian.

“Untuk penanggulangan banjir, pemerintah akan merevitalisasi Waduk Sungai Merdeka,” ujar Camat Samboja Barat, Burhanuddin, beberapa waktu lalu.

Burhanuddin mengatakan, Waduk Sungai Merdeka sudah terjadi sedimentasi yang sangat tinggi. Sehingga ketika terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi, dikhawatirkan akan membuat Sungai Merdeka akan meluap.

Namun katanya, untuk revitalisasi Waduk Sungai Merdeka akan dikerjakan pada 2024. Sementara untuk tahun ini, pihaknya akan mengajukan proses perbaikan pintu air Waduk Sungai Merdeka. Nominal anggaran yang diusulkan dan disetujui senilai Rp 2,5 miliar.

“Anggaran sudah masuk tahun ini sebesar Rp 2,5 miliar untuk perbaikan pintu air, berlanjut 2024 untuk sedimentasi waduk, jadi diusulkan lagi, masih dalam tahap pengusulan,” tutup Burhanuddin. (adv/en)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER