Jumat, Oktober 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DKP3 Luncurkan Program Bessai Berinta saat HUT Kota Bontang 

BONTANG – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Bontang meluncurkan program inovatif “Bessai Berinta” saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 Kota Bontang, Sabtu (12/10/2024).

Bessai Berinta merupakan program bertani terintegrasi yang bertujuan membangun ketahanan pangan kota. Program Bessai Berinta diakronimkan bersama atasi stunting dan inflasi.

Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan DKP3 Kota Bontang, Debora Kristiani menyampaikan, langkah pertama yang diambil adalah menjadikan posyandu sebagai target intervensi dengan mengintegrasikan kegiatan pertanian terpadu.

“Kami berperan sebagai orangtua asuh di satu posyandu di Bontang Lestari. Intervensi yang dilakukan berupa kegiatan pertanian terpadu, guna menekan angka stunting, yang akan menyentuh seluruh lapisan masyarakat,” ucapnya saat dikonfirmasi, Senin (14/10/2024).

Program tersebut juga menyasar melalui pemanfaatan pekarangan untuk pengembangan budidaya tanaman pangan, dengan mengintegrasikan 11 program, meliputi tanaman sayur, tanaman buah, tanaman obat keluarga, berternak ikan dalam ember, serta pembibitan.

Selanjutnya, budidaya ternak, pengelolaan sampah organik, pengelolahan hasil panen, pencanangan cegah stunting dan gizi buruk, penganekaragaman pangan hayati, dan juga mitigasi pangan daerah.

“Pastinya program ini akan terus kami kembangkan, jadi dimohon untuk dukungan semua pihak, agar ke depannya program Bessai Berinta dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat,” tutupnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER