Minggu, September 29, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Saga Desak Pemkab Segera Bangun TPA di Pulau Maratua

TANJUNG REDEB – Anggota DPRD Berau, Saga meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kecamatan Maratua. Menurutnya, TPA ini sangat diperlukan masyarakat Pulau Maratua, apalagi Kecamatan Maratua salah satu pulau terluar dan salah satu destinasi unggulan Kabupaten Berau.

“Hal ini sudah lama saya sampaikan, ini merupakan keluhan dari masyarakat Pulau Maratua,” ujarnya.

Sesuai aspirasi masyarakat katanya, saat ini warga di Pulau Maratua mengeluhkan belum adanya TPA di wilayah tersebut.  “TPA saat ini menjadi keluhan,” ujarnya kepada awak media ini.

Dijelaskannya, Pemkab Berau tidak memiliki alasan untuk tidak membangun TPA di pulau terluar di Kabupaten Berau tersebut. Hal ini perlu dilakukan untuk menangani masalah lingkungan di Pulau Maratua.  “Kami berharap ada upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi sampah di Maratua,” ungkapnya.

Ia mendorong permasalahan ini segera ditangani. Sebab masalah sampah ini akan mengganggu destinasi wisata dan Pulau Maratua merupakan destinasi unggulan Kabupaten Berau. Dengan adanya TPA, masyarakat di Maratua tidak akan kebingungan lagi membuang sampah limbah maupun sampah rumah tangga.

Namun, dia meminta TPA yang akan dibangun jangan hanya TPA yang biasa saja. Melainkan TPA berkonsep modern, sehingga tidak menimbulkan masalah baru di kemudian hari. “Jika nanti dibangun yang biasa saja, kemungkinan besar akan menimbulkan masalah baru. Salah satunya baunya akan menyebar,” ungkapnya.  (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER