Minggu, September 29, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Waris: Sektor Perikanan Berau Bisa Menjadi Penyangga Pangan bagi IKN

TANJUNG REDEB – Anggota DPRD Berau, Abdul Waris menyampaikan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Berau merupakan suatu kebanggaan. Setelah 10 tahun menjabat dan menjelang akhir masa jabatan, Presiden mengunjungi dan menyapa masyarakat Kabupaten Berau.

Menurutnya, kunjungan Presiden Jokowi ke Kabupaten Berau untuk memastikan Berau akan menjadi salah satu penyangga dari Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Untuk itu, Kabupaten Berau harus siap menyambut peluang tersebut dengan menawarkan sumber daya untuk IKN.

“Ibaratnya penyangga seperti tiang yang menahan pondasi rumah. Jika tiang tersebut tidak cukup kuat berarti rumah tersebut akan rubuh,” ungkapnya.

Dijelaskannya, Kabupaten Berau memiliki banyak sumber daya alam (SDA) untuk menyokong pertumbuhan IKN. Salah satunya, sektor perikanan yang merupakan keunggulan dari Kabupaten Berau.

Politikus Partai Demokrat tersebut menyebut sektor perikanan di Kabupaten Berau sangat berpotensi untuk bisa disuplai ke IKN. Mengingat sektor perikanan di Berau mengalami surplus. Artinya hasil perikanannya melebihi kebutuhan.

“Berarti ada potensi yang harus kita kembangkan di sini. Seperti, sektor perikanan kita akan sediakan. Sehingga sekitar 700 ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan pindah ke IKN, sumber perikanannya dapat terpenuhi,” ujarnya.

Untuk itu, Pemkab Berau harus mempersiapkan sumber perikanan, baik dari hasil tangkap maupun budidaya. “Pemkab Berau harus menggerakkan perekonomian dan mensejahterakan nelayan di Berau,” tandasnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER