Sabtu, September 28, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Anggota DPRD Antusias Ikuti Masa Orientasi

BONTANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang, Muhammad Shahib mengikuti masa orientasi yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kalimantan Timur (Kaltim) untuk DPRD periode 2024-2029.

Kegiatan orientasi diselenggarakan pada 2-5 September 2024 di Swiss-Belhotel Balikpapan. Awalnya hanya direncanakan selama tiga hari, tapi ada penambahan jadwal untuk bersama Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim.

“Ada penambahan hari untuk agenda bersama Pj Gubernur Kaltim,” ujarnya saat dihubungi, Selasa (10/9/2024).

Selaku anggota dewan yang baru, dia mengaku antusias mengikuti kegiatan. Menurutnya, banyak materi yang disampaikan dan hal tersebut menambah ilmu baru untuknya. Hal ini dirasa sangat penting karena ia akan membawa aspirasi masyarakat selama lima tahun ke depan.

Secara garis besar dari kegiatan orientasi itu adalah pemaparan fungsi-fungsi DPRD, seperti legislasi, yang berperan sebagai wakil rakyat untuk membuat peraturan daerah dengan mekanisme dan tata kerja yang tertuang dalam undang-undang dan peraturan tata tertib DPRD.

Lalu, fungsi anggaran, dimana DPRD membuat anggaran daerah (APBD) sesuai rencana dan anggaran belanja dan belanja daerah bersama kepala daerah. Ketiga, fungsi pengawasan, yaitu DPRD mengontrol pelaksanaan peraturan daerah dan APBD, serta kebijakan pemerintah daerah.

“Bagaimana cara memutuskan kebijakan atau hal-hal yang kerap kali ditemukan selama menjabat, juga diajarkan dalam orientasi ini, tupoksi yang dijabarkan juga sangat jelas sehingga selanjutnya dapat bekerja dengan maksimal” terangnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER