Sabtu, September 28, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Berau Diminta Perhatikan Pembangunan di Tiga Sentra Pertanian

TANUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau menetapkan tiga kawasan sentra pertanian di Kabupaten Berau. Tiga daerah tersebut yakni Labanan, Buyung-Buyung, dan Merancang. Anggota DPRD Berau, Peri Kombong mendorong Pemkab untuk terus memperhatikan pembangunan pertanian di tiga sentra tersebut.

Dia mengatakan, tiga daerah ini menjadi penyokong kekuatan produksi padi terbesar di Kabupaten Berau. Karena itu berbagai fasilitas dibidang pertanian yang dibutuhkan para petani harus benar-benar terpenuhi.

“Kami minta secara khusus kepada kepala Dinas Pertanian untuk pengadaan dryer atau mesin peluruh padi untuk tiga daerah sentra pertanian yakni Labanan, Buyung-Buyung, dan Merancang,” ungkapnya.

Menurutnya, mesin pertanian itu sangat dibutuhkan para petani di tiga kampung untuk meningkatkan hasil pertanian mereka. Hal itu juga berguna agar kualitas padi yang dihasilkan dapat bersaing di pasaran.

“Tentu perhatian pada fasilitas lain juga diperlukan. Apalagi ke depan kita sedang berupaya agar hasil pertanian kita khususnya padi menjadi pasokan bagi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang akan datang,” tegasnya.

Disamping fasilitas tersebut, Peri juga mendorong Pemkab Berau untuk meningkatkan dan membangun jalan usaha tani untuk meningkatkan produksi pertanian. Jalan usaha tani, tambahnya, salah satu infrastruktur yang mesti difasilitasi di tengah anggaran daerah yang cukup besar.

“Fokus kita pada pertanian ini jika dilaksanakan secara maksimal sebenarnya juga merupakan bagian dari upaya kita untuk meningkatkan pembangunan kampung agar tercipta pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat kampung,” tegasnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER