Kamis, September 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Besok Anggota DPRD Bontang Ikuti Orientasi Selama 3 Hari

BONTANG – Setelah dilantikan pada 15 Agustus 2024, anggota DPRD Bontang periode 2024-2029 akan mengikuti orientasi yang diadakan untuk seluruh anggota DPRD di Provinsi Kalimantan Timur. Sebanyak 25 anggota DPRD Kota Bontang mengikuti masa orientasi di Swiss-Bell Hotel Balikpapan selama tiga hari, mulai 3 hingga 5 September 2024.

Kepala Bagian (Kabag) Risalah dan Perundang-Undangan DPRD Kota Bontang, Taufiqurrahman mengatakan, isi dari pelatihan atau orientasi ini bersangkutan dengan pendalaman tugas dan kegiatan ini wajib diikuti seluruh anggota DPRD. “Pelaksanaan selama tiga hari, dan besok mereka berangkat untuk anggota dewan yang baru itu wajib untuk ikut,” ujarnya, Selasa (2/9/2024).

Tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan pemahaman anggota DPRD dalam menjalankan tugas, fungsi, hak, dan kewajiban sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah. Dengan tiga fungsi DPRD yakni pertama, fungsi legislasi yang diwujudkan dalam membuat peraturan daerah bersama kepala daerah. Serta sepenuhnya diatur oleh Badan Pengembangan SDM (BPSDM) Provinsi Kaltim.

Kedua, fungsi anggaran yang dibuat sesuai rencana dan anggaran belanja dan belanja daerah bersama Kepala Daerah. Terakhir, fungsi pengawasan yang diwujudkan dalam peraturan pelaksanaan peraturan daerah dan APBD. “Besok mereka akan melaksanakan orientasi. Semoga setelah ini keefektifan mereka dalam bekerja dapat dilaksanakan,” terangnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER