Jumat, September 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Salurkan Rp 104,5 Miliar untuk Nelayan dan Pembudidaya Ikan

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) sudah menggelontorkan ratusan miliar rupiah untuk pengembangan sektor perikanan pada 2022. Anggaran yang dialokasikan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar untuk bantuan pengadaan, pembudidayaan, sarana dan prasarana (sapras), serta dokumentasi, dan pelatihan.

Hingga akhir 2022, sekitar Rp 104,5 miliar sudah dan akan diserahkan kepada para nelayan dalam bentuk Program 25 ribu Nelayan Produktif di Kukar. Bantuan yang didistribusikan berupa kapal lengkap dengan mesin, jaring nelayan, keramba ikan, pakan ikan, benih ikan, kolam ikan terpal, termasuk pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), hingga melatih ratusan nelayan dan pembudidaya ikan.

“Implementasi program dedikasi Kukar Idaman bagi nelayan, Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) pada tahun 2022,” ujar Wabup Kukar, Rendi Solihin, selepas dialog bersama nelayan di Kecamatan Muara Jawa, Ahad (13/11/2022).

Total 8.285 nelayan yang disasar DKP Kukar selama 2022. Dimana menyasar nelayan, pembudidaya ikan, pengolah hasil perikanan, masyarakat pengawas, dan nelayan miskin. “Ini bentuk Pemkab Kukar mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersinergi menggerakkan potensi pembangunan ekonomi rakyat secara berkelanjutan,” tutup Rendi. (afi/mk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER