Kamis, September 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Komisi II Dorong Irau Manutung Jukut Jadi Event Unggulan Berau

TANJUNG REDEB – Perayaan Irau Manutung Jukut atau pesta bakar ikan bersama-sama, berlangsung sukses belum lama ini. Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau, Darlena mengapresiasi gelaran tersebut. Dia mendorong event tersebut masuk dalam kalender event Kabupaten Berau.

Menurutnya, perayaan Irau Manutung Jukut lebih ramai dari tahun-tahun sebelumnya. Dia juga berharap event tersebut bisa lebih meriah lagi pada tahun mendatang. Kemeriahan acara ini tentunya akan meningkatkan pendapatan bagi pelaku usaha di Bumi Batiwakkal (julukan kabupaten Berau).

“Masyarakat terlibat begitu bersemangat menghadiri Irau Manutung Jukut. Sangat berdampak pada penjualan ikan bahkan pedagang arang,” ungkapnya Minggu (3/10/2023).

Dia mengatakan, saat dirinya mengikuti perayaan tersebut, terlihat lokasi acara sangat padat dipenuhi masyarakat lokal maupun wisatawan. Melihat antusiasme pengunjung kata dia, bisa meningkatkan pariwisata di Kabupaten Berau.

“Ini kesempatan yang baik bagi pememrintah. Selain memberi hiburan ke masyarakat, juga bisa memperkenalkan wisata yang ada di kabupaten Berau ini,” ucapnya.

Namun katanya, event ini belum masuk kalender event dari Disbudpar Berau. Pihaknya mendorong Pemkab Berau segera menjadikan acara tersebut sebagai agenda tahunan guna meningkatkan promosi daerah.

Ia juga berharap, pelaksanaan Irau Manutung Jukut tidak hanya menjadi agenda tahunan yang dinikmati penduduk lokal. Namun, bisa menjadi wisata andalan dari Kabupaten Berau. Selain memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi juga bisa meningkatkan sektor pariwisata.

“Terlebih, manfaat dari mengkonsumsi ikan pada kegiatan ini sangat baik bagi kesehatan, seperti slogannya yaitu cegah stunting dengan mengkonsumsi ikan,” pungkasnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER