Kamis, September 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kukar Terima Bankeu Rp 38 Miliar, Terbanyak untuk Infrastruktur Jalan

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) akan mengantongi Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim sebesar Rp 38 miliar untuk 2023.  Angka ini menurun dibanding 2022, yang sekitar Rp 40 miliar. Hal ini disampaikan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, Sunggono.

Nantinya, bankeu ini dipergunakan kebanyakan untuk pembangunan infrastruktur. Paling banyak infrastruktur untuk jalan interkoneksi antar wilayah di Kaltim. “Sebenarnya banyak yang kita usulkan, tapi hanya itu yang terakomodasi,” ujar Sunggono.

Sebelumnya Pemkab Kukar kerap menjalin komunikasi bersama para anggota DPRD Kaltim daerah pemiliha (dapil) Kukar. Dalam hal mengusulkan berbagai usulan-usulan prioritas. Untuk kemudian diperjuangkan di DPRD Kaltim. Hingga akhirnya dialokasikan melalui Bankeu.

Meski tidak merinci secara detail, Sunggono menyebutkan anggaran antara lain untuk akses jalan provinsi yang menghubungkan Kecamatan Sebulu-Muara Kaman dan akses jalan di Kecamatan Muara Badak.

“Karena urusan bankeu dari dewan, sudah ketemu dengan mereka untuk usulan dari Pemkab. Kita buat usulan baru lagi untuk di APBD Kukar Perubahan 2023 dan (APBD Kukar) murni 2024,” tutup Sunggono. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER