Sabtu, Oktober 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Kukar Sambut Baik Pembangunan Mako Brimob di Loa Ipuh Darat

TENGGARONG – Setelah mematangkan perencanaan, Markas Komando (Mako) Brimob segera dibangun. Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama yang disaksikan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kutai Kartanegara (Kukar), Sunggono.

Bangunan untuk Mako Pasukan Pelopor II Korps Brimob Polri ini, berlokasi di Kelurahan Loa Ipuh Darat, Tenggarong. Tidak jauh dari Sekolah Polisi Negara (SPN) Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim, yang sudah lebih dulu dibangun dan sudah dimanfaatkan.

Mako Brimob ini akan dibangun di atas lahan 200 hektare (ha). Nantinya dibangun bersama oleh 10 kabupaten dan kota di Kaltim. Termasuk Kukar yang menjadi tuan rumah. Untuk pembangunan Kantor Datasemen, Kantor Sub Datasemen, dan Lapangan Datasemen.

Sekkab Kukar, Sunggono, mengatakan Pemkab Kukar mengapresiasi dan menyambut baik pembangunan Mako Brimob. Karena memang banyak multiplier effect yang bisa dirasakan oleh Kukar. Di antaranya pertumbuhan ekonomi di sekitar lokasi, di Kelurahan Loa Ipuh Darat. Karena akan ada ribuan orang baru yang perlu dipenuhi kebutuhannya. Terlebih sudah ada pembangunan SPN Polda Kaltim yang lebih dahulu beroperasi.

“Pemda juga siap bersinergi dan berkolaborasi dalam pembangunan,” ungkap Sunggono.

Diketahui, pembangunan Mako Brimob tidak lepas dari adanya pemindahan dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), tepatnya di sebagian Kecamatan Samboja (Kukar) dan Kecamatan Sepaku (PPU).

Pembangunannya pun sama halnya seperti SPN Polda Kaltim. Seluruh kabupaten dan kota di Kaltim ikut dan wajib melakukan pembangunan Mako Brimob. Tentunya dengan pembagian yang sudah ditetapkan. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER