Jumat, Oktober 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Juara Umum MTQ Enam Kali, Kafilah Kukar Dapat Bonus Uang hingga Umrah

TENGGARONG – Kepulangan 60 kafilah Kutai Kartanegara (Kukar) yang bertanding di Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 Kalimantan Timur (Kaltim) 2023 di Balikpapan, disambut meriah di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong, Senin (22/5/2023).

Kafilah Kukar berhasil menjadi juara umum keenam kalinya secara beruntun. Mengungguli kafilah dari Bontang, Samarinda, serta tuan rumah Balikpapan. “Saya berterima kasih kepada seluruh masyarakat Kukar sehingga kafilah Kukar kembali juara umum 2023,” tutur Bupati Kukar Edi Damansyah.

Edi mengatakan, kemenangan ini merupakan buah hasil pengimplementasian dari program pengembangan tilawatil quran di Kukar, yaitu memastikan pembinaan menyasar pada anak-anak asli Kukar melalui beberapa tahapan. Seperti pembinaan melalui pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan dan kabupaten, sebagai rangkaian seleksi untuk mencari perwakilan Kukar di ajang tingkat provinsi.

Foto bersama Bupati Kukar, Edi Damansyah bersama seluruh Kafilah Kukar. (Foto: Istimewa)

 

Ditambah, pembinaan dalam bentuk Training Center (TC) terpusat, TC mandiri. Dengan menggandeng lembaga resmi kompeten dibidang Tilawatil Quran. Yakni bekerjasama dengan Perguruan Tinggi Ilmu Quran (PTIQ), Institut Ilmu Quran (IIQ) hingga Lembaga Kaligrafi (Lemka).

“Saya sangat percaya, jika pembinaan baik pasti hasilnya baik,” lanjut Edi.

Apresiasi pun diberikan oleh Pemkab Kukar atas raihan positif yang ditorehkan kafilah Kukar, yaitu berupa bonus kepada kafilah dan pelatih. Untuk juara 1, 2, dan 3 secara berturut-turut akan diberikan bonus senilai Rp 25 juta, Rp 22 juta dan Rp 19 juta. Ditambah hadiah umrah bagi peraih juara.

Sementara untuk juara harapan 1 hingga harapan 3 akan diberikan bonus sebesar Rp 7,5 juta, Rp 6 juta, dan Rp 4,5 juta. Tak sekadar bonus yang dikucurkan oleh Pemkab Kukar, para juara pun akan dibekali dengan Beasiswa Kukar Idaman.

“Sudah saya janjikan pada saat pelaksanaan MTQ tingkat Kukar di Kecamatan Loa Kulu. Ini bagian dari menepati janji kita, Alhamdulillah prestasinya juga tercapai,” tutup Edi.

Kafilah Kukar berhasil menempati posisi pertama dengan nilai 104 poin. Posisi 2 diisi Bontang dengan nilai 90 poin dan Samarinda dengan nilai 80 poin. Posisi keempat ada Kutim dengan nilai 60 poin dan posisi kelima ada tuan rumah Balikpapan dengan raihan 42 poin. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER