Jumat, Oktober 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Desa Muara Ritan Kembangkan Wisata Air Terjun dan Pulau Tengah Sungai

TENGGARONG – Agar menarik wisatawan, Pemerintah Desa (Pemdes) Muara Ritan terus membenahi potensi wisata di desa tersebut. Salah satunya dengan mengembangkan potensi wisata alam untuk menambah pendapatan desa.

Potensi wisata alam yang coba dikembangkan seperti air terjun yang ada beberapa di desa tersebut. Juga ada pulau di tengah sungai yang dinamakan Pulau Tengah Sungai. Pulau ini akan timbul ketika air sungai surut.

“Daya tariknya karena itu berada di tengah sungai. Kalau seandainya musim kemarau semua orang ngumpul di situ, biasa kemah, cari ikan, bakar-bakar jadi seru,” ujar Kades Muara Ritan, Ardy Maroni.

Ardy menyebut sedang menyiapkan fasilitas penunjangnya. Berupa kapal penyeberangan menuju Pulau Tengah Sungai. Karena selama ini, wisatawan yang ingin menuju Pulau Tengah Sungai, menggunakan kapal penyeberangan milik warga sekitar.

Saat ini katanya, kebanyakan pengunjung masih berasal dari sekitar Desa Muara Ritan. Seperti dari desa-desa di Kecamatan Tabang dan dari Kecamatan Kembang Janggut. Pada momen libur panjang katanya, mampu menarik wisatawan hingga ribuan orang.

“Secara posisi itu lokasinya strategis. Terus kita juga didukung dengan desa-desa lainnya, punya wisata unggulan. Seperti Desa Tukung Ritan dan Ritan Baru, itu kebudayaan karena mayoritas Dayak Kenyah,” tutup Ardy. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER