Jumat, Oktober 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Poktan di Desa Loa Duri Ulu Ubah Bekas Tambang Jadi Sawah Produktif

TENGGARONG – Kelompok Tani (Poktan) Baiduri di Desa Loa Duri Ulu, Kecamatan Loa Janan, sukses mengelola lahan bekas pertambangan milik PT Baiduri Bukit Energi (BBE) menjadi kawasan persawahan. Lahan dengan luas 20 hektare (ha) yang merupakan bekas disposal ini, disulap jadi sawah dan dikelola oleh para petani.

Dibawah binaan PT BBE, kini lahan tersebut sudah berhasil memproduksi gabah. Bahkan Kepala Desa (Kades) Loa Duri Ulu, Muhammad Arsyad, mengatakan hasil panen dari lahan tersebut terus mengalami peningkatan setiap tahun.

“Alhamdulillah, ini sudah 3 tahun mereka panen di lahan tersebut. Tiap panen hasilnya makin bagus, karena kan makin bagus kualitas tanahnya,” terang Arsyad, Kamis (11/5/2023).

Dalam pengembangan lahan tersebut, kata Arsyad, Poktan Baiduri juga bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman (Faperta Unmul). “Mudah-mudahan hasil panen dari pemanfaatan lahan bekas tambang ini, terus mengalami peningkatan. Kalau bisa panen 3 kali dalam satu tahun,” pungkasnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER