Jumat, Oktober 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Desa Jembayan Tengah Gelar Festival Kampong Seraong

TENGGARONG – Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 Desa Jembayan Tengah, pemerintah desa berencana menggelar hajatan besar-besaran dalam agenda Festival Kampong Seraong pada Juni 2023.

Hajatan desa yang terletak di Kecamatan Loa Kulu ini, akan diselenggarakan selama lima hari, pada 6-10 Juni 2023. Kegiatan diawali dengan prosesi adat Tepong Tawar pada 5 Juni 2023 sebagai tanda dimulainya Festival Kampong Seraong.

Dalam festival ini akan ada hiburan rakyat, seperti pentas-pentas kesenian daerah setempat, pawai kebudayaan, penampilan seni budaya adat seraong, seni topeng pantul. Juga ada berbagai perlombaan, dan bazar UMKM masyarakat lokal. Untuk malam hari akan ada hiburan pentas seni dan budaya.

“Juga ada workshop pembuatan seraong,” ujar Kasi Pemerintahan Desa Jembayan Tengah, Safri belum lama ini.

Festival Kampong Seraong di Desa Jembayan Tengah yang digelar sebelum pandemi Covid-19. (Foto: Istimewa)

 

Festival Seraong menjadi tema utama dalam kegiatan HUT Jembayan Tengah untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, lantaran terdapat kampung tua bernama Selingsing. Masyarakat di kampung ini rata-rata berprofesi sebagai pembuat seraong atau topi khas Kutai yang digunakan masyarakat hingga saat ini. Topi ini berbentuk bulat dan mengerucut ke atas, terbuat dari daun bernama selingsing. Seraong biasanya untuk melindungi kepala dari paparan panas matahari.

“Sebenarnya ini sudah jadi festival tahunan, mulai tahun 2019. Cuma dengan adanya Covid-19 kemarin sempat berhenti beberapa tahun,” lanjut Safri.

“(Festival Seraong) salah satu upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dan memperkenalkan seni budaya yang ada. Untuk menggali potensi, soalnya disitu ada kegiatan bazar. Jadi apa yang ada di masyarakat nanti dipromosikan,” tutup Safri. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER