Jumat, Oktober 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berdayakan Warga, BUMDes Lebak Mantan Produksi Tusuk Sate

TENGGARONG – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Lebak Mantan, Kecamatan Muara Wis mencoba peluang usaha untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Salah satunya, mengadakan 5 unit mesin produksi tusuk sate untuk dikelola bersama warga Desa Lebak Mantan.

Kegiatan ini diharapkan tidak hanya memberikan pemasukan untuk BUMDes. Tetapi juga untuk meningkatkan perekonomian warga yang turut serta bergabung dalam pengelolaan mesin tersebut.

Kepala Desa (Kades) Lebak Mantan, Satibi Yusuf menjelaskan, rata-rata warga sudah mendapatkan pemasukan tambahan melalui usaha sampingan produksi tusuk sate, yang diproduksi secara rumahan. “Dalam 1 bulan mereka mampu memproduksi 5 ribu hingga 10 ribu tusuk sate,” ucap Satibi Yusuf, belum lama ini.

Untuk pemasaran, masih di wilayah Tenggarong dan Samarinda saja. Harga tiap ikat tusuk sate dibanderol Rp 15 ribu. Dengan adanya usaha rumahan yang kini dikerjakan warganya, diharapkan bisa meningkatkan ekonomi warganya. Sumber bahan baku pun tidak ada kendala sama sekali.

Ia pun berharap banyak warganya lagi ikut menggeluti usaha rumahan ini. Tentunya dengan berinovasi agar pemasaran lebih luas dan berkembang. Tentunya agar meningkatkan perekonomian warganya. Termasuk berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar dan Dinas Koperasi dan UKM (Diskop-UKM) Kukar.

“Selanjutnya untuk meningkatkan pemasaran, kemasan, dan pelatihan, kami akan coba berkoordinasi dengan dinas terkait,” tutupnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER